Indonesia Pusaka

Lagu Indonesia Pusaka adalah lagu nasional atau lagu wajib karya legendaris dari seorang legenda musisi nasional Indonesia, yaitu Ismail Marzuki. Lagu ini adalah lagu indah sepanjang masa yang akan tetap selalu dikenang dan menjadi warisan seluruh rakyat Indonesia.

Ada banyak karya dari Ismail Marzuki berupa lagu-lagu nasional dan perjuangan yang merupakan wujud nasionalisme beliau. Beliau adalah sedikit seniman dan musisi jaman perjuangan Indonesia yang karyanya memiliki kualitas yang berbobot tinggi.

Karena melodi dan syair atau lirik lagu Indonesia Pusaka ini sudah cukup indah, maka aransemen dibuat dengan akor-akor yang tidak terlalu ribet agar keindahan lagu ini tetap nampak. Dengan progresi yang mengalir, memberikan ruang interpretasi yang kaya untuk membuat lagu ini semakin bergetar.

Maka, perhatikan arah melodi dan syair dari lagu pokoknya, harmoni dalam aransemen hanya mengikuti pergerakan lagu tersebut. Tuangkan interpretasi kekayaan lagu ini dengan tempo andante, tapi tidak kaku. Tetap lakukan percepatan dan perlambatan, mengeras dan melembut untuk menjiwai lagu ini.

Berikut ini adalah syair atau lirik dari lagu Indonesia Pusaka yang terdiri dari 2 bait. Yang bait kedua jarang dinyanyikan, namun isi lirik tersebut sungguh indah jika dinyanyikan. Jadi usahakanlah untuk tetap dinyanyikan.

Musik/Lagu : Ismail Marzuki
Syair/Lirik : Ismail Marzuki
Arrangement : Bayu Nerviadi C., C.

do = G, 4/4
Untuk Paduan Suara Mixed Choir SATB

Indonesia tanah air beta,
pusaka abadi nan jaya.
Indonesia sejak dulu kala,
tetap dipuja-puja bangsa.

Disana tempat lahir beta,
dibuai dibesarkan bunda.
Tempat berlindung di hari tua,
tempat akhir menutup mata.

Indonesia tanah air beta,
tiada bandingnya di dunia.
Karya indah Tuhan Maha Esa,
bagi bangsa yang memujanya.

Indonesia ibu pertiwi,
kau kupuja, kau kukasihi.
Tenagaku bahkan pun jiwaku,
kepadamu rela kuberi.

Download lagu klik disini.